my quotes

'life is like a puzzle need one another to make a complete picture that's why this life so perfect'

-Wikan-

'knowledge cannot replace friendship, I'd rather be an idiot than lose you'
-Patrick to Spongebob-

Kamis, 27 November 2008

THAT WAS MY MEMORY

That was my memory…
Dari tanggal 8 September 2008 sampai Kamis kemaren tanggal 20 November 2008 walau kepotong sama MID ,aku ikut kegiatan social working (bakti social) di YSS (Yayasan Sosial Sugiyopranoto) di perkampungan kecil Pingit, Badran. Yang ikut , fixnya: Indah, Olla, Lina, Martin, Rindra, Thomas sama aku sendiri sebagai kontingen dari SMA N 2 Yogya sekaligus ngangkat PAKSY. Aku mulai belajar tanggal 11 September 2008 karena tanggal 8 September 2008 kita cuma bersih-bersih debu yang tebel di beberapa ruangan …wkwkwk mainan air kotor lebih tepat tapi aku belajar bersih-bersih ok, juga. Selain kita bertujuh ada Frater Andi, Frater Eko, Mas Leo, Mas Gembong sebagai volunteer ada juga mahasiswa Sanata Dharma yang ikut program di Universitasnya, juga mulai tanggal 17 November 2008 kita kedatengan siswa SMA Stelladuce 1/2 aku dah lupa…ikut ambil bagian juga, katanya sih dulu udah pernah tapi sekarang ikut lagi.

Ini mungkin bisa dibilang pengalaman paling aneh dan paling wow! Pertama, aku belum pernah mengira kalau aku bisa ngomong segitu gampangnya sama anak kecil. Aku nggak ngira kalau mereka mudah banget lengket dengan kami. Padahal udah spot jantung kalau sampai nggak bisa ngomong saking nervousnya.

Yah...aku juga mulai ngenal sifat-sifat mereka, nggak ngira kalau mereka punya sifat dasar bisa dibilang khas dan terbentuk senyatanya tanpa ’tedeng aling-aling’ ...ya gitu...karena kalau udah besar banyak yang bisa disamarkan walau pasti bakal ketara sedikit tatau eksplisit saja sifat masa kecil. Sebut aja : Fita / Febri provokator nggak mau kalah, ditakuti dan mudah terlena dengan teknologi yang ada... contoh tanggal 24 Oktober kemaren dia punya PR matematika KPK, untuk nyari KPK harus tahu pohon faktorial, dan untuk bangun tuh pohon harus bisa pembagian ...buru-buru pembagian, perkalian, dia masih pakai KALKULATOR di HP, jujur habis itu aku nyerah buat ngajarin dia, dia ngebentak-bentak orangnya dan aku bukan orang yang suka ngebentak anak kecil. Nggak mau dan nggak bisa tapi dia lumayan jago buat jadi pemimpin yang dipatuhi, setahuku juga, dia lumayan suka sama Indah.

Andri contoh yang lain lagi... anak ini suka banget nangis dan susah berhentinya padahal dia sendiri suka bikin gara-gara dan mesti gara-gara nggak tahan mesti ada yang turun tangan buat ’neng-nengin’, kalau udah gitu Andri susah lepas dari orang yang udah ’neng-nengin’, contoh aja Rindra yang jadi favoritnya... haghagag...

Ada anak seperti Nurul lumayan anteng walau agak sensitif ...terus Sasa yang manis, periang, sayang sama adeknya, kalau nggarap PR ya, digarap walau kadang-kadang masih rewel minta dikerjakan dan ini anak yang pertamakali aku kenal dan dia nggak mau nyebutin namanya ’Emboh’ katanya...lumayan deket juga sama semuanya...tapi terakhir dia marah gara-gara aku dikira nggak nyampein pesennya ke Rindra...hufh.

Astuti, anak yang sama juga liar dan bandel susah diatur tapi juga lengket sama kita satu lagi aku kaget dia punya adek dan wow! dia nyium adeknya, itu lho ada faktor keluarga yag masuk hitungan pertama pembentuk sifat mereka. Lingga yang belum tahu batas – batas kenakalan walau udah gede...agak timpang sama Thomas gara-gara Thomas hobi mbentak dia...tapi Lingga jago gambar maksudku masuk kriteria baguslah, dia nggambar naga yang paling ’nggenah’ klo diliat dari dua temannya yang lain (Sena, Saka).

Ada lagi Fitria, pinter dan mbantu orang kalau lagi kesusahan (contoh: tanggal 25 September waktu main KOTAK POS hwagg ... aku jadi bulan-bulanan ...bushet deh mosok satu dekade permainan aku yang jadi terus ...akhirnya dibanti deh sama Fitria. Sampe theme song TRASI BAKARAN BOCAH DADI URIKAN ..COOL) anaknya enak diajak ngobrol dan santai plus suka sama tebak-tebakan (tanggal 22 September :apa bahasa Jepangnya orang hamil mandi di sungai? ), dia lumayan deket sama Lina. Kalau buat Ais, Siswati, Nurul hobinya dengerin Olla cerita ...

Selain saya sebagai Cheerleader yang hobi bikin heboh....pernah juga ditugasin di SD kelas kecil buat ngedongengin plus belajar tentang jumlah hewan...ngajarin Ais sama Siswati itu ....tapi mereka mintanya didongengin Putri Salju...disitu aku tahu kalau ingatan anak kecil itu tajam.

Tanggal 11 September juga aku belajar buat bikin teh. Emang ringan sih dibantu sama Mas Rinto (mahasiswa Sanata Dharma) tapi ya.....ini belum pernah aku lakuin sebelumnya. Selebihnya tanggal 16 Oktober kemaren aku masih harus belajar buat main karet atau lompat tali wagh...malah diketawain gara-gara jatuh gedebuk... hwagh....tanggal 17 November kita maen jek-jekan sebenarnya SMADA yang tugas tapi nggak ada persiapan dan nggak tahu kalau tugas ya ...terbang deh ...yang ada main-main doang ...belajar buat tanggung jawab ada..lah

Dari semua agenda yang sempet dan pernah aku tulis ...aku baru nyadar tanggal 20 November 2008 terakhir kok jadi gini aku ngliat mereka satu-satu dan...tahu...struktur nya di saat terakhir kalau ada Area Bersama di mana kita maen bareng dan nunjukin kalau kita bisa klop sama satu tim ...wagh keren ssoalnya yang ngisi hari ini SMADA. Baru habis itu dipisah perkelompok TK, SD, SMP, PR. Di situ pendekatan personal ke mereka berjalan dan itu keren. Di mana kreativitas mereka dikeluarin, yang salah ya... itu...anak TK udah dikasih puzzle hewan berbahasa inggris...maaf...kurang perhatian.

Selebihnya aku lebih banyak mendapat untung daripada rugi. Kenapa? Aku belajar. Belajar buat ngenal dan akrab yang pertama belajar buat ngomong sama mereka terus ngenal mereka ...akrab sama mereka dan membaca sifat-sifat mereka seterusnya buat mereka lebih baik. Belajar untuk keras, bukan keras –kekeraran tapi belajar buat tegas nasihatin mereka, buat ngolah pikir untuk menangani mereka kalau dalam masalah, belajar buat nerima karakter mereka dan buat bikin karakter kita diterima mereka...dan itu tantangan sendiri. Kendalanya, aku agak susah buat nasihatin mereka dan bilang ’itu nggak boleh’.

PENUTUP: Itu KEREN!

Tidak ada komentar: