my quotes

'life is like a puzzle need one another to make a complete picture that's why this life so perfect'

-Wikan-

'knowledge cannot replace friendship, I'd rather be an idiot than lose you'
-Patrick to Spongebob-

Kamis, 21 Juni 2012

cinta

delapan lima puluh tujuh pagi

Baru aja berpikir buat ngonversi lahan hutan ke pemukiman, eh salah ding, ngonversi blog ini ke kehutanan full, tapi setelah aku pikir kayaknya mending ngonversi satuan sentimeter ke kilometer dengan benar. Efek survey. Aku di tengah UAS atau ujian akhir semester di mana para mahasiswa dan mahasiswi di kampusku memuntahkan segala ilmu yang mereka miliki di atas kertas ujian.

Aku penasaran sama yang satu ini, curhat dikit nih pemirsa, sejujurnya kadang aku nggak bisa mbedain rasa di hati ya.. yang ada frekuensi keinginan untuk ketemu meningkat itu sama dengan kamu suka sama yang mau ditemui, kalau soal cinta itu luar biasa maka ada yang biasa. Andai aku tahu kalau pemirsa sekalian saking setianya sama aku jadi pingin ketemu aku, mungkin aku bakal bilang kalian suka sama aku. Tapi soal cinta itu luar biasa maka walaupun nggak ketemu aku nggak khawatir sama kalian. 

Mention-mentionan di twitter sama temenku 
 

jadi kepikir buat searching arti cinta itu sendiri, mengingat aku pernah curhat tentang cinta pertama aku ke ifa, jadi aku ragu juga dengan pendapatku sendiri waktu itu, inilah arti cinta versi wikipedia


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

dan atau

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.

ternyata ada yang berbeda ya dengan abad 20 ke 21, itu aja satu abad doang coba kalau eng... *skip,
ada perbedaan, dengan perasaan suka, sayang, kasih dan cinta ya.. nyatanya wikipedia udah berhasil ngrangkum buat kita sedikit terminologis si cinta ini: 
  • Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
  • Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
  • Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
  • Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge 
terus ada yang bilang tanda-tanda munculnya cinta ini sebagai berikut:
  • Perasaan
  • Pengenalan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati
sedangkan kalau untuk kalangan anak muda, cinta tuh sekarang tergolong nafsu dulu, cinta yang nggak membangun sama aja dibilang 'basi' , bahkan kalau aku runut pemirsa, cinta itu ada ketika komitmen dibentuk. Gitu.

karena kalian memaksa aku buat copas semua bahan mengenai cinta dari wikipedia ke blogku, maka dan oleh karena itu, aku copasin buat kalian:

Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:
  • Kasih sayang: menghargai orang lain.
  • Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
  • Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
  • Komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
  • Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
  • Kekerabatan: ikatan keluarga.
  • Passion: Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
  • Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
  • Kepentingan pribadi: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
  • Pelayanan: keinginan untuk membantu dan atau melayani.
  • Homoseks: Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).
Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan.

Lain dari itu, si wikipedia ngasih nasihat:

Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobi yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.
sedangkan banyak website yang mbedain si cinta selain wikipedia ,dan sayangnya itu masuk pelajaran filsafat: cinta, sayang, suka

Pendapatku cuma jangan sampai deh cinta tuh bikin kamu semua lupa sama diri kamu sendiri, jangan sampai deh kamu kesedot.

Itu doang sih, tapi jujur aja sama diri kamu sendiri, itu bakal lebih mudah buat kamu.

Tidak ada komentar: